“Hades,” sebuah permainan yang dikembangkan dan diterbitkan oleh pkv games, telah memukau para pemain sejak dirilis pada September 2020. Game ini menggabungkan elemen roguelike dengan narasi yang mendalam dan gameplay yang menantang, menawarkan pengalaman bermain yang sangat memikat dan memuaskan. Mengambil latar belakang dalam mitologi Yunani, “Hades” tidak hanya menghadirkan pertarungan yang seru, tetapi juga menyajikan cerita yang kaya dan karakter yang kompleks.
Dalam “Hades,” pemain mengambil peran sebagai Zagreus, putra dari Hades, dewa dunia bawah. Tujuan utama Zagreus adalah melarikan diri dari kerajaan bawah tanah dan mencapai Olympus, dengan harapan menemukan ibu yang hilang dan mengungkap lebih banyak tentang dirinya sendiri. Selama perjalanan, pemain akan menghadapi berbagai musuh mitologis, menerima bantuan dari dewa-dewa Olympus, dan menjalin hubungan dengan karakter-karakter ikonik dari mitologi Yunani.
Salah satu kekuatan terbesar dari “Hades” adalah cara game ini memadukan narasi dengan gameplay roguelike. Setiap kali Zagreus gagal melarikan diri dan kembali ke istana Hades, cerita tidak hanya diulang tetapi berkembang. Dialog dan interaksi dengan karakter lain berubah berdasarkan kemajuan dan keputusan pemain, menciptakan pengalaman yang selalu terasa segar dan dinamis. Setiap kematian menjadi bagian dari cerita yang lebih besar, memberikan konteks dan kedalaman pada setiap usaha untuk melarikan diri.
Gameplay “Hades” menawarkan sistem pertarungan yang sangat terampil dan memuaskan. Dengan pandangan dari atas, pemain dapat mengendalikan Zagreus dalam pertarungan yang cepat dan intens melawan berbagai musuh dan bos. Berbagai senjata, mulai dari pedang hingga busur, memberikan pemain fleksibilitas dalam memilih gaya bertarung mereka. Setiap senjata memiliki keterampilan dan kemampuan khusus, memungkinkan variasi dalam strategi dan pendekatan dalam setiap run.
Sistem “Boons” yang diberikan oleh dewa-dewa Olympus merupakan elemen penting dalam gameplay. Setiap dewa menawarkan kekuatan dan peningkatan yang berbeda, memberikan pemain kemampuan tambahan yang dapat memengaruhi cara mereka bertarung dan menangani tantangan. Kombinasi dari berbagai boons ini memungkinkan pemain untuk menyesuaikan build karakter mereka sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka, menambah kedalaman strategis pada permainan.
Desain visual dan musik dalam “Hades” juga sangat mencolok. Grafis bergaya seni yang indah dan karakter yang dirancang dengan detail menciptakan suasana yang menarik dan imersif. Setiap area, dari labirin dunia bawah hingga kuil Olympus, dipenuhi dengan detail yang memukau dan desain yang unik. Musik yang digubah oleh Darren Korb memberikan suasana yang energik dan menambah intensitas setiap pertarungan, berfungsi sebagai latar belakang yang sempurna untuk aksi yang berlangsung.
Namun, seperti halnya banyak game roguelike, “Hades” mungkin tidak cocok untuk semua orang. Proses kematian dan pemulihan yang berulang bisa terasa melelahkan bagi beberapa pemain, meskipun game ini mengintegrasikan mekanika tersebut dengan cara yang memperkaya cerita.
Secara keseluruhan, “Hades” adalah contoh cemerlang dari bagaimana narasi dan gameplay dapat digabungkan untuk menciptakan pengalaman yang mendalam dan memuaskan. Dengan cerita yang kaya, karakter-karakter yang menarik, dan sistem pertarungan yang menantang, game ini menawarkan lebih dari sekadar gameplay roguelike yang adiktif. “Hades” tidak hanya membuktikan bahwa game roguelike dapat memiliki cerita yang mendalam, tetapi juga menunjukkan betapa berartinya integrasi narasi dengan mekanika permainan dalam menciptakan pengalaman yang benar-benar luar biasa.